Sakit Punggung: Jenis-jenis penyakit nyeri bagian belakang

Sakit punggung atau nyeri bagian belakang adalah keluhan umum yang dialami oleh hampir setiap orang. Kebanyakan orang seperti di Indonesia akan mengalami nyeri punggung setidaknya satu kali seumur hidup mereka. Sakit punggung juga merupakan salah satu alasan paling sering mengapa orang pergi ke dokter atau meliburkan diri dari pekerjaan mereka.

Jenis-jenis sakit punggung

Bagian yang paling sering terkena untuk daerah punggung atau bagian belakang tubuh adalah punggung bawah atau di pinggang, walaupun begitu nyeri punggung ini dapat dirasakan di bagian manapun sepanjang tulang belakang tubuh kita, baik itu dari leher sampai ke daerah pinggul. Adapun jenis-jenis nyeri punggung seperti:
  • Nyeri bagian leher.
  • Nyeri seperi dipukul cemeti (whiplash).
  • Nyeri bahu.
  • Bahu terasa mengkaku atau membeku.
  • Ankylosing spondylitis.
  • Slipped Disc (Prolaps atau herniated Disc).
  • Panggul linu (Sciatica).

Nyeri bagian leher

Rasa nyeri dan kaku pada bagian leher ini biasanya membaik setelah beberapa hari, dan bukan merupakan suatu tanda masalah di leher yang serius atau kondisi lain mendasarinya. Anda bisa mengalami nyeri leher atau kaku jika Anda tidur dalam posisi yang salah atau menggunakan keyboard komputer dalam jangka waktu yang lama. Kecemasan dan stres juga kadang-kadang dapat menyebabkan ketegangan di bagian otot leher Anda sehingga menyebabkan rasa nyeri di leher. Namun, seringkali tidak ada penyebab yang jelas dari nyeri leher dan dokter akan menyebutnya sebagai gangguan yang kurang spesifik. Salah satu otot yang sering terkena nyeri bagian leher ini adalah otot trapezius, cara atasi nyeri otot bahu ini tentunya dengan menghindari dan mengurangi pemicu yang mendasarinya. Melakukan pijat dengan benar pada bagian otot ini dapat mengatasi nyeri yang ada.

Nyeri seperi dipukul cemeti (whiplash)

Jenis penyakit ini sering terjadi setelah terjadi sesuatu yang tiba-tiba seperti dampak kecelakaan lalu lintas. Gerakan yang kuat dari kepala mengakibatkan gangguan ligamen dan tendon di bagian leher. Ligamen merupakan suatu jaringan ikat fibrosa yang menghubungkan antara dua tulang pada bagian sendi-sendi tulang.

Nyeri Bahu

Nyeri bahu adalah gangguan yang paling sering dengan berbagai penyebab yang berbamacam-macam, dan biasanya nyeri bahu sering merupakan gejala dari masalah lain. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin mengalami nyeri bahu seperti postur tubuh yang buruk, bahu beku, gangguan otot dan tendon yang mengelilingi sendi bahu, ketidakstabilan bahu, kelainan sendi acromioclavicular, osteoarthritis pada sendi bahu, patah tulang seperti fraktur humerus (tulang lengan atas) atau patah tulang selangka.

Bahu mengkaku atau membeku

Bahu mengkaku atau membeku adalah kondisi yang menyakitkan dan mempengaruhi pergerakan bahu. Penyakit ini dikenal juga dengan adhesive capsulitis atau kontraktur bahu. Jika Anda mengalami bahu mengkaku atau membeku, jumlah gerakan pada sendi bahu Anda akan berkurang. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan bahu Anda sama sekali.

Ankylosing spondylitis

Ankylosing spondylitis adalah jenis penyakit yang arthritis kronis dan mempengaruhi bagian tulang belakang, otot dan ligamen. Arthritis adalah suatu kondisi umum yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada sendi dan jaringan di sekitar mereka. Gejala-gejala ankylosing spondylitis dapat bervariasi, tetapi kebanyakan orang mengalami nyeri punggung dan kekakuan. Kondisi ini dapat memberat, dengan sekitar satu dari 10 orang yang berisiko mengalami kecacatan jangka panjang.

Slipped Disc (Prolapsed atau herniated Disc)

Slipped Disc juga dikenal sebagai diskus tulang yang prolaps atau hernia diskus, dimana salah satu dari bantalan seperti cakram di tulang belakang pecah dan gel di dalam keluar dari tempatnya. Hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung serta nyeri di daerah tubuh lainnya. Saraf di punggung sering terpengaruh dalam kasus penyakit ini. Saraf ini adalah yang terpanjang dalam tubuh dan berjalan di belakang panggul, melalui bokong, dan kedua kaki. Jika terjadi tekanan pada saraf ini dapat menyebabkan nyeri, mati rasa dan sensasi kesemutan di satu atau kedua kaki.

Panggul linu (Sciatica)

Linu panggul merupakan jenis penyakit dengan rasa nyeri di pinggang yang disebabkan oleh iritasi atau terjadi kompresi pada saraf siatik. Saraf siatik adalah saraf terpanjang dalam tubuh kita. Ketika terjadi suatu tekanan atau iritasi saraf ini, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang memancar keluar dari punggung bawah dan bergerak ke betis Anda. Nyeri siatik dapat berkisar dari yang ringan sampai yang sangat menyakitkan. Adapun sebab nyeri pinggang ini dapat juga berasal dari penyakit lainnya seperti, arthritis, bursitis, lupus dan lainnya.